Jumat, 09 November 2012

Desa Timu Dinilai Tim Lomba P2WKSS NTB

KM-BOLO—Tim lomba P2WKSS provinsi NTB melakukan penilai desa Timu kecamatan Bolo kabupaten Bima dalam program terpadu peningkatan peranan wanita menuju keluarga sehat dan sejahtera (P2WKSS) Tingkat Provinsi NTB Tahun 2012, bertempat di SDN Inpres Rasanggaro, Senin (5/11) lalu.
Di hadapan tim penilai, Wakil Bupati Bima H. Syafrudin H.M.Nur, Ketua GOW, Camat Woha, ketua panitia Yanti dalam laporannya menjelaskan, mayoritas kaum perempuan desa Timu bergerak di bidang pertanian, dan jasa.
Menyangkut penilaian, Yantu mengungkapkan, P2WKSS Desa Timu telah memberdayakan bidang ekonomi sebagai upaya mendukung upaya keluarga dengan membentuk  kelompok wanita tani, kelompok anyaman bambu, kelompok tani, kelompok jajan.
Selanjutnya bidang pendidikan yang bekerja sama dengan Dikpora Kabupaten untuk memberantas buta aksara. Bidang lainnya adalah kesehatan yang menangani ibu hamil, persalinan, imunisasi dan Posyandu. 
Bidang terakhir lanjut Yanti  adalah pelayanan lingkungan hidup yang memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam pohon tahunan, tanaman obat dan sayuran.  
Sementara itu, Kepala BPPKB Propinsi  NTB Ir Tajudin selaku ketua tim penilai mengatakan, "Lomba Posyandu dan P2WKSS merupakan kegiatan  rutin BPPKB baik Propinsi, Kabupaten, kecamatan dan desa. 
Tujuan dilaksanakan lomba lanjut Tajudin ialah "sebagai wujud nyata untuk memberdayakan masyarakat itu sendiri. Mendengar laporan ketua panitia tentang berbagai bidang yang dilombakan, Tajudin memberi nilai 99 atau mendekati sempurna. Apabila semua bidang mampu ditingkatkan maka kesejahteraan masyarakat akan tercapai.
Ketua TP.PKK Kabupaten Bima Hj. Indah Damayanti Putri dalam sambutannya mengungkapkan bahwa jajaran yang dipimpinnya telah berupaya maksimal dalam memadu serasikan gerak koordinasi kegiatan untuk menumbuhkembangkan kesejahteraan sosial. 
Disamping itu lanjut Hj. Indah, TP PKK juga berupaya merangsang kepedulian dan peran serta masyarakat desa dengan SKPD terkait, demi satu tekad mulia yaitu meningkatkan taraf hidup keluarga dan mewujudkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia termasuk pembinaan anak dan remaja di desa Timu kecamatan Bolo.
Diakui Hj. Indah, "dalam ikhtiar mendorong partisipasi masyarakat dalam P2WKSS masih dihadapkan pada kendala kurangnya keterampilan kaum perempuan dalam menyongsong kegiatan industri yang lebih maju. 
Aspek lainnya yang masih perlu dibenahi kata Hj. Indah, "masih kurangnya kemampuan sumber daya manusia yang memadai untuk mempelopori kegiatan-kegiatan sektoral. 
Untuk mengatasi hambatan tersebut, secara bertahap TP.PKK telah mendorong peningkatan kapasitas kaum perempuan melalui pelatihan khusus bagi kader-kader perempuan.
Pada saat yang sama TP PKK juga  melakukan upaya koordinasi antara tim desa, tim kecamatan dan tim Kabupaten untuk secara bersama melaksanakan pembinaan rutin demi meningkatkan program peningkatan pemberdayaan wanita menuju keluarga sehat sejahtera (P2WKSS) baik di desa Timu maupun wilayah lainnya.
Wakil Bupati Bima H. Syafrudin H.M.Nur, M.Pd dalam pengantar singkatnya  menjelaskan program P2WKSS selaras dengan sasaran pembangunan nasional dalam menciptakan manusia Indonesia seutuhnya dengan mewujudkan kesetaraan gender dalam pembangunan.(supriadi)
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best WordPress Themes